World Tourism Organization melaporkan, bahwa pertumbuhan industry pariwisata akan semakin berkembang pesat. Pada tahun 2010, ada sekitar 1 milyar wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ( traveling ) dan akan terus meningkat menjadi 1,5 milyar wisatawan pada tahun 2020.

Ini semua akan berpengaruh positif terhadap dunia perhotelan sebagai akomodasi para wisatawan. Dan hal ini, tentunya akan mendorong penanaman modal sektor perhotelan ( Hotel, Restoran, dan Agen Wisata ) terutama pada negara-negara tujuan wisata termasuk indonesia.

Mengantisipasi perkembangan industry perhotelan ini, Pikas Hotel & Resort Education telah berkomitmen sejak berdiri tahun 2014 untuk mempersiapkan sumber daya manusia khususnya pemuda dan pemudi Banjarnegara dan sekitarnya agar memiliki ilmu dan keterampilan perhotelan, berkarakter baik dan mulia, mandiri dan berwawasan luas, serta berjiwa kewirausahaan ( enterpreneurship )

untuk menunjang kegiatan pendidikan dan pelatihan perhotelan tersebut, Pikas Hotel & Resort Education menggunakan kurikulum berbasis kompetensi ( vocation ) dengan bahasa pengantar menggunakan bahasa inggris ( English ) yang didukung oleh tenaga pengajar ( instructor ) yang berasal dari berbagai ilmu serta memiliki keahlian dan berpengalaman di dunia perhotelan yang profesional di bidangnya.

Selain itu, Pikas Hotel & Resort Education, terus menjalin kerjasama dengan hotel berbintang di dalam dan di luar negeri sebagai tempat magang ( on the job training ) bagi peserta didik untuk menambah wawasan dan pengalaman sekaligus mengasah ilmu keterampilanya. Pikas Hotel & Resort Education juga bekerja sama dengan beberapa cruise ships agent luar negeri, sehingga para alumni dapat berkarir di dunia internasional.

Dengan demikian, diharapkan dengan berdirinya Pikas Hotel & Resort Education di Banjarnegara dapat mencetak para generasi pemuda dan pemudi Banjarnegara untuk bisa bersaing dalam dunia pariwisata dan perhotelan skala nasional dan internasional yang semakin tumbuh pesat di masa mendatang. Selain itu juga dapat menciptakan enterpreunership muda yang memiliki karakter baik dan mulia serta membantu pemerintah mengurangi pengangguran.